Cara Melacak Handphone Menggunakan IMEI Dengan dan Tanpa Aplikasi

Handphone atau yang lebih sering kita sebut dengan HP, sudah melekat dan tak terpisahkan dengan kehidupan kita sehari-hari. Bahkan di zaman sekarang dengan harga handphone yang semakin terjangkau, banyak orang yang memiliki lebih dari satu handphone. Dengan alasan untuk membedakan handphone pribadi dengan pekerjaan.

Tidak hanya untuk berkomunikasi dengan kerabat, teman, atau klien, handphone juga menjadi alat yang sangat membantu kehidupan sehari-hari. Seperti transaksi belanja online, pesan transportasi, bahkan sekarang pesan makan pun sudah via handphone.

International Mobile Equipment Identity atau yang disebut dengan IMEI merupakan nomor unik yang dimiliki setiap perangkat handphone. Nomor IMEI di setiap perangkat handphone berbeda, meskipun handphone tersebut mempunyai brand dan type yang sama, serta tahun produksi yang sama.

Fungsi utama dari nomor IMEI ini adalah untuk mengetahui merek, jenis, spesifikasi, tahun produksi dan data lainnya bila diperlukan untuk kepentingan dokumentasi. Disisi lain, nomor IMEI yang ada di handphone kamu juga dapat digunakan untuk mencari handphone kamu jika terjadi kehilangan atau kamu lupa meletakkannya.

Kemudian bagaimana caranya untuk melacak handphone yang hilang atau tertinggal menggunakan nomor IMEI? Nah berikut adalah hasil rangkungan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak bersama cara melacak handphone menggunakan IMEI dengan dan tanpa aplikasi.

Cara melacak Handphone menggunakan nomor IMEI

Semua handphone memiliki nomor IMEI yang berbeda dan tidak akan sama, karena nomr IMEI ini merupakan kode khusus yang digunakan untuk membedakan dan menyimpan semua informasi mengenai perangkat handphone tersebut.

Terdiri dari 15 digit angka khusus dan unik, nomor IMEI ini pasti tidak akan sama dengan satu handphone dengan handphone yang lainnya, dapat diibaratkan nomor IMEI ini seperti nomor rumah, tidak ada yang sama. Jika ingin melacak handphone menggunakan nomor IMEI, kamu perlu melakukan beberapa langkah berikut.

1. Mengetahui nomor IMEI

Cara untuk cek nomor IMEI di handphone kamu ada beberapa cara. Cara pertama yang paling mudah adalah kamu harus mencari di dusbook atau kardus handphone tersebut, biasanya ada dibagian belakang kardus atau samping. Atau jika kamu membeli handphone baru, biasanya terdapat stiker yang menempel dibadan handphone. Nah stiker tersebut biasanya berisi informasi mengenai nomor IMEI.

Cara berikutnya yaitu kamu bisa pergi ke menu setting atau pengaturan, kemudian pilih about phone, nah disitu biasanya ada informasi mengenai nomor IMEI.

Setelah informasi nomor IMEI handphone ketemu, kamu bisa screenshoot atau bisa juga mencatatnya agar mempermudah proses pencarian jika suatu saat diperlukan.

2. Membuat surat keterangan hilang kepada pihak Kepolisian setempat

Setelah informasi nomor IMEI handphone kamu didapat, langkah selanjutnya adalah minta surat keterangan hilang terlebih dahulu kepada pihak yang berwajib.

Cara ini agak sedikit ribet sih, tapi tidak ada salahnya mencoba untuk meminta surat keterangan hilang kepada pihak kepolisian. Diharapkan dengan meminta surat keterangan hilang dapat membantu memudahkan proses pencarian handphone yang hilang.

3. Menghubungi call center operator

Jika sudah melaporkan berita kehilangan dan mendapat surat keterangan hilang, langkah selanjutnya adalah kamu dapat menghubungi call center dari operator yang kamu pakai di handphone kamu. Kamu dapat membuat laporan ke call center bahwa handphone kamu telah hilang atau dicuri.

Saat melaporkan ke pihak operator, biasanya pihak call center akan meminta nomor IMEI handphone kamu yang hilang. Dari nomor IMEI yang kamu berikan, nantikan dari pihak call center operator akan membantu proses pelacakan handphone kamu yang hilang.

Cara melacak handphone menggunakan aplikasi

Diatas sudah disebutkan beberapa cara untuk melacak handphone tanpa aplikasi. Nah sekarang kita akan membahas mengenai aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk melacak handphone kamu menggunakan nomor IMEI.

Kamu bisa memakai perangkat handphone lain atau menggunakan laptop / komputer untuk melacak keberadaan handphone yang hilang. Dibawah ini ada beberapa aplikasi yang bisa kamu pakai untuk melacak keberadaan handphone kamu yang hilang.

1. Google Find My Device

Dengan menginstall aplikasi ini di handphone kamu, jika handphone kamu hilang atau dicuri, kamu bisa mengetahui dimana letak keberadaan lokasi handphone kamu. Kamu juga mengontrol handphone yang hilang, bisa dimatikan, dideringkan, dikunci dan juga bisa memeriksa kapasitas baterai handphone serta koneksi internet kamu menggunakan aplikasi ini.

2. Phone Tracker By Number

Selain Google Find My Device, aplikasi Phone Tracker By Number juga bisa kamu gunakan untuk melacak handphone kamu yang hilang atau dicuri. Penggunaan aplikasi ini cukup simple, kamu dapat mencari handphone yang hilang menggunakan nomor keluarga terdekat yang kamu simpan di perangkat handphone kamu yang hilang.

3. Find My Phone

Aplikasi selanjutnya yang berguna untuk melacak handphone yang hilang atau dicuri adalah Find My Phone. Aplikasi ini hampir mirip dengan aplikasi Google Find My Device, melalui aplikasi ini kamu dapat mengetahui lokasi keberadaan handphone kamu yang hilang atau dicuri.

Demikian artikel yang dapat kami bagikan mengenai cara handphone menggunakan IMEI dengan dan tanpa aplikasi yang mudah untuk dipraktekan. Semoga dapat membantu teman-teman semua yang sedang mencari handphone yang hilang atau dicuri.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.