Cara Cek Bansos Terbaru Bulan Mei 2022

Cara Cek Bansos Terbaru Bulan Mei 2022. Sejak masa pendemi covid 19 yang melanda di Indonesia, kurang lebih sudah lebih dari dua tahun sejak ditemukan kasus pertama pada awal tahun 2020 hingga sekarang ditahun 2022 yang kasusnya sudah sangat melandai. Meskipun pandemi covid 19 bisa dibilang hampir selesai, namun pemerintah dalam hal ini presiden melalui Kemensos atau Kementrian Sosial dan kementrian lainnya gencar memberikan bantuan sosial baik berupa uang tunai, bahan makanan, hingga kuota internet bagi para tenaga pengajar mulai dari Dosen atau Guru dan siswa mulai dari bangku SD hingga Perguruan Tinggi.

Bantuan Sosial ini atau yang sering kita sebut Bansos diperuntukkan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi covid 19 secara langsung maupun tidak langsung. Seperti yang kita ketahui dan rasakan bersama selama pandemi covid 19 ini banyak perusahaan mulai dari yang besar hingga kecil yang terkena dampaknya, dari masalah tersebut berimbas langsung kepada pemutusan hubungan kerja sehingga banyak masyarakat yang terkena dampaknya. Banyak juga yang tidak bisa melanjutkan usaha atau bisnisnya karena mahalnya bahan baku dan kurangnya minat pembeli selama masa pandemi. Sehingga bantuan sosial yang digelontorkan oleh pemerintah diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi covid 19, seperti untuk modal usaha, membeli bahan pangan, atau sebagai sarana belajar secara daring selama masa pandemi covid 19. Tetapi ada permasalahan yang timbul di masyarakat, seperti bantuan sosial yang tidak tepat sasaran.

Kemudian masalah selanjutnya adalah sebagian besar masyarakat banyak yang belum tahu bagaimana cara untuk mengetahui apakah kita mendapatkan bantuan sosial atau tidak. Namun jangan khawatir, dari kementrian sosial sudah membuat sebuah portal website yang bisa kita akses kapan saja dan dimana saja, sehingga kita bisa tahu apakah kita mendapatkan bansos atau tidak, portal websitenya adalah cekbansos.kemensos.go.id.

Pemerintah menggelontorkan banyak sekali bantuan sosial, kuota belajar yang langsung dikirim ke nomor ponsel siswa, guru, dosen, dan tenaga pendidik lainnya, bantuan bahan baku sembako yang dibagikan langsung melalui pemerintah desa, kemudian bantuan sosial berupa uang tunai yang diberikan pemerintah mulai tanggal 19 Juli 2021 baik secara langsung atau tunai, maupun transfer ke rekening bank. Dalam pemberian atau penyaluran bantuan sosial pemerintah tidak sendiri, namun pemerintah dibantu oleh anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN seperti POS Indonesia, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, dan dibantu juga oleh Bank swasta yang ditunjuk oleh pemerintah. Sehingga antrian yang mengular di bank yang ditunjuk untuk pencairan dana bansos sudah menjadi pemandangan yang biasa. Selanjutnya bantuan sosial berupa bahan sembako dibagikan langsung melalui kecamatan dan desa kepada para penerima bantuan sosial yang data mereka sudah tercatat di Data Terpadu Kesejahteran Sosial atau DKTS milik Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Selanjutnya, adakah cara untuk mengetahui atau mengecek daftar penerima bantuan sosial tersebut ? dengan kita tidak harus bertanya langsung ke Desa atau ke dinas sosial terdekat. Yang kami ketahui ada dua cara yang praktis dan efisien untuk mengetahui atau cek dan ricek penerima bantuan sosial yang diberikan pemerintah, yang pertama melalui web kementrian sosial, kemudian yang kedua bisa juga mengunduh aplikasi android resminya di google playstore.

Dibawah ini Merupakan Cara Untuk Cek Bansos Terbatu Bulan Mei 2022 Melalui cekbansos.kemensos.go.id

  1. Catat Nomor Induk Kependudukan atau NIK, bisa di ambil dari Kartu Keluarga atau Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Pilih atau buka browser (google chrome, opera, firefox atau lainnya) di computer atau laptop anda bisa juga di smartphone milik Anda. Ketik cekbansos.kemensos.go.id dan tekan enter.
  3. Pilih provinsi, kabupaten, kecamatan, dan kelurahan sesuai dengan alamat di KTP Anda. Selanjutnya masukan nama lengkap anda sama persis dengan yang ada di KTP.
  4. Masukan kode verifikasi Captcha untuk keamanan. Ketikkan kode yang muncul pada kotak yang ada dibawah kode. Jika terlihat kurang jelas atau sulit dimengerti, klik tombol refresh disebelahnya untuk meminta kode verifikasi yang lebih mudah dipahami.
  5. Kemudian tekan tombol Cari Data. Tunggu sebentar, sistem akan mencari data yang Anda masukan. Jika nama yang anda masukan muncul, maka nama tersebut adalah Penerima Manfaat Bansos.

Selain menggunakan portal website cekbansos.kemensos.go.id, kita juga bisa menggunakan aplikasi android yang dapat kita unduh secara resmi melalui aplikasi google playstore di smartphone kita.

Link Download Aplikasi Cek Bansos Terbaru

Cara Cek Bansos Melalui Aplikasi Android

Ada tiga Langkah mudah cek bansos melalui aplikasi android di telepon selular kita, kami menyebutnya dengan ULAM (Unduh Aplikasi, Lakukan Pendaftaran, dan Melakukan Pencarian Data)

1.Unduh Aplikasi
Untuk mengunduh aplikasi, pertama pilih Google Play Store di smartphone anda. Ketik Aplikasi Cek Bansos di kolom pencarian. Pastikan aplikasi yang di download adalah aplikasi resmi yang dibuat oleh Kementerian Sosial Indonesia, Perhatikan secara seksama, dikarenakan ada beberapa aplikasi serupa buatan pihak lain yang ingin memanfaatkan kondisi pandemi untuk kepentingan pribadi. Setelah selesai download, tunggu sesaat untuk proses instalasi.

2.Lakukan Pendaftaran
Jika aplikasi sudah berhasil terinstal, buka aplikasi tersebut. Selanjutnya lakukan pendaftaran pada aplikasi tersebut, ikuti Langkah-langkahnya dengan benar. Pada saat pendaftaran ini kita perlu mempersiapkan KTP, Foto KTP dan Foto Bersama KTP. Ikuti Langkah pendaftaran hingga selesai. Selanjutnya cek email yang kita daftarkan untuk mengambil kode OTP atau One Time Password untuk validasi kebenaran bahwa yang melakukan pendaftaran adalah kita sendiri. Jika data sudah divalidasi oleh admin, maka kita sudah bisa menggunakan menu-meu yang tersedia pada Aplikasi Cek Bansos.

3.Melakukan pencarian data
Kemudian untuk mencari data penerima manfaat bansos, Kita harus menuju ke laman pencarian penerima. Di laman ini data-data yang kita masukan sebelumnya seperti nama, umur, status bansos, kelurahan, kecamatan, kabupaten, dan provinsi akan ditampilkan. Jika nama anda muncul pada form tersebut, maka anda termasuk penerima manfaat bansos.

Demikian adalah cara cek bansos yang terbaru, untuk mengunduh aplikasi atau mendownload aplikasi cek bansos anda bisa klik Link dibawah ini

Link Download Aplikasi Cek Bansos Terbaru

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.